TRAININGKU, TRAININGMU DAN YPBB

TRAININGKU, TRAININGMU DAN YPBB

(Training of trainer YPBB)


Foto bersama para Volunteer (dok. YPBB)


Kota Bandung menjadi sentral wadahnya perkumpulan – perkumpulan kreatif dan unik. Bukan hanya berkumpul, mengedukasi merupakan menjadi goal setiap perkumpulan. Seperti perkumpulan Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) yang mewadahi para calon – calon penggiat lingkungan untuk peduli dengan lingkungan terutama masalah sampah di Indonesia. Penasaran sama kegiatan komunitasnya? Oke, Let’s check this out !!!

Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi adalah perkumpulan yang merupakan salah satu dari beberapa perkumpulan yang bergerak di bidang lingkungan terutama yang berfokus pada pengelolaan sampah. YPBB ini memiliki banyak sekali program salah satunya Zero Waste Life (ZWL). Semua ini berawal dari kepedulian beberapa orang di perkumpulan YPBB yang merasa empati dengan masalah sampah di Indonesia, yang semakin hari dirasa semakin menjadi masalah yang sangat krusial.

Tugas dari perkumpulan ini diantaranya adalah menyuluhkan kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah, memberikan edukasi tentang lingkungan dengan pelatihan dan mengadakan kerjasama dalam bidang lingkungan. Gak Cuma itu, YPBB juga sering mengadakan acara terbuka untuk para volunteer yang ingin ikut bergabung dan berkontribusi untuk lingkungan. Salah satu acaranya adalah Training of Trainer YPBB (ToT YPBB), acara tersebut adalah acara pelatihan untuk para calon trainer YPBB yang nantinya akan ditempatkan di beberapa daerah seperti Cimahi, Bandung dan Soreang untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya masalah sampah dan cara penanggulangannya. Keren kan kegiatannya !!


Materi tentang sampah (Dok. YPBB)

Pada hari pertama para volunteer diajak untuk mengetahui lebih dalam tentang YPBB, perjalanan sampah dari mulai sampah tersebut keluar dari rumah hingga akhirnya berhenti di TPA, lalu para volunteer juga diajak untuk mengetahui jenis-jenis sampah dan cara penanggulangannya. Selain itu para volunteer juga diajarkan public speaking sebagai bekal trainer lingkungan di masyarakat nantinya. Bermanfaat banget kan !!


Pembekalan materi Public Speaking (Dok. YPBB)


Pada hari kedua para volunteer dipersilahkan untuk mempresentasikan kembali tentang apa yang mereka pelajari pada hari pertama training. Setelah semua acara itu, salah satu pengurus dari YPBB akan membacakan MoU terkait perjanjian para volunteer dengan YPBB. Didalamnya akan menerangkan beberapa perjanjian yang akan di tanda tangani oleh volunteer dengan YPBB terkait komitmen untuk berkontribusi.


Penerangan tentang MoU (Dok. YPBB)


Sekarang YPBB sudah mulai mengembangkan program Zero Waste Life-nya di beberapa daerah seperti Bandung, Cimahi dan Soreang. Pada acara Training of Trainer yang diadakan kemarin pada tanggal 3 – 4 Juni 2017, di Kelurahan Sukaluyu, Cibeunying. mendapatkan respon yang sangat bagus dari masyarakat. Pertemuan hari itu dihadiri oleh masyarakat yang menjadi volunteer yang sebelumnya telah melakukan pendaftaran dan penyeleksian. 


Dokumentasi Volunteer YPBB (Dok. YPBB)


Training of Trainer yang digelar di Aula keluarahan Sukaluyu pada hari pertama dan di SMKN 5 Bojong Koneng pada hari kedua ini mendapat antusiasme dan perhatian yang baik dari para calon volunteer. Salah satu volunteer, mengatakan acara – acara di YPBB sangat menjawab permasalahan – permasalahan terkini dalam dunia lingkungan, tentang kebijaksanaan dalam menjaga lingkungan, dan tentang penanggulangannya.

Nah, jika kalian penasaran seperi apa lebih jauh tentang YPBB dan kegiatan – kegiatannya yang dijamin bisa menambah wawasan kalian tentang lingkungan atau berminat untuk ikut berkontribusi bergabung sebagai salah satu penggerak di bidang lingkungan kalian cukup pantengin terus infonya di web resmi YPBB https://ypbbblog.blogspot.co.id, kemudian kalian bisa bergabung dengan YPBB ini. Mudah banget kan? So, temukan manfaat yang akan kalian temui dan juga mendapatkan pengalaman yang bisa kalian bagi untuk orang sekitar.


Volunteer Report : Taupik
Volunteer Photo : Fitri & Irfan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

About